UNDERBOW

Organisasi underbow merupakan unit kerja dibawah Himatika yang dibentuk sebagaiwadah guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat, dan meningkatkan pengetahuan dan pengalaman anggota dalam berbagai bidang serta memotivasi untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupannya. Underbow Himatika terdiri dari:

1. KIM
Kelompok Ilmiah Matematikia adalah sebuah organisasi yang menampung aspirasi mahasiswa matematika khususnya dalam bidang keilmiahan, membekali para anggotanya agar mau dan mampu menulis sebuah karya yang berguna bagi dirinya sendiri serta orang lain. Underbow KIM memiliki peran sebagai penggerak jiwa dan sikap ilmiah mahasiswa matematika.
Seperti sebuah petuah lama, ikatlah ilmu dengan menulisnya, KIM menndorong para mahasiswa matematika maupun anggotanya agar mau menulis, khususnya karya ilmiah walaupun pada akhirnya nanti setiap mahasiswa dihadapkan dengan keharusan menulis skripsi maupun tugas akhir.

2. SIGMA
Study Islamic Group of Mathematics(SIGMA) adalah organisasi perpanjangan dari Himatika Fmipa UNNES yang bergerak dalam bidang kerohanian Islam jurusan Matematika. Sebagai LDK (Lembaga Dakwah Kampus) di tingkat jurusan, sigma selalu berusaha memberikan fasilitas kerohanian islam ke mahasiswa jurusan matematika dengan maksimal. Seiring berjalannya waktu sigma selalu mengalami perkembangan yang signifikan itu artinya organisasi LDK ini selalu memberikan kesan yang bersahabat dan bersinergi dengan LDK lain di UNNES. Sigma Sendiri merupakan LDK yang muncul diawal-awal adanya organisasi kerohanian. Salah satu parameter bagi organisasi-organisasi lain terkait perkembangan ukhuwah islamiyah dilingkungan kampus. Fungsi utama dari SIGMA yaitu sebagai sarana belajar bagi mahasiswa, belajar ilmu agama, berorganisasi, bersosialisasi, dan berusaha membentuk masyarakat madani dengan ukhuwah islamiyah.

3. MSC
MSC (mathematics Study Club) adalah underbow di bawah Himatika Unnes dan bagian dari ikahimatika wilayah IV. dalam MSC terdapat 4 bidang, yaitu Pengurus Harian (PH) bidang kurikulum (BK) , dan bidang penelitian dan pengembangan organisasi (LITBANG) serta bidang tutorial dan olimpiade (BTO).

4. MEC
MEC (Mathematics English Club) adalah organisasi yang bertujuan untuk menggali, mengembangkan, dan meningkatkan kemampuan mahasiswa jurusan Matematika FMIPA Unnes dalam berbahasa Inggris. MEC mempunyai visi yaitu menjadi wahana yang mampu menyiapkan dan menciptakan mahasiswa jurusan Matematika FMIPA Unnes dalam kompetensinya berbahasa Inggris sebagai bekal menjadi mahasiswa yang berkualitas dan siap berkompetisi dalam era global.

5. MJC
Mathematics Journalism Club (MJC) adalah salah satu underbow yang ada dibawah naungan Departemen Bakat dan Minat Himatika FMIPA Unnes dan merupakan satu-satunya underbow Himatika yang bergerak di bidang jurnalistik.

6. The MATe
The MATe adalah The MATe (The Mathemathic Adventure Team) merupakan satu satunya organisasi pecinta alam yang berada di kampus Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. The MATe merupakan organisasi pecinta alam yang kedudukanya sama dengan Mapala-Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam) lain yang sudah ada sebelumnya, meskipun masih muda usianya The MATe tetap mempunyai semangat untuk menjunjung tinggi kode etik pecinta alam se-Indonesia serta turut menjaga dan melestarikan alam semesta yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa guna mensyukuri nikmat ciptaan-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Universitas Negeri Semarang